Senin, 04 Juli 2011

Program Pencegahan Terhadap Narkoba

Narkoba (narkotik dan obat-obatan berbahaya) merupakan bagian dari kehidupan zaman modern.
Kehidupan bisa jadi penuh tekanan dan orang mengalami berbagai masalah. Mereka bosan, mereka ingin bersenang-senang dan mengalami hal-hal baru. Mungkin kamu pernah mendengar 100 alasan mengapa orang memakai narkoba. Dan kamu pernah mendengar bahwa narkoba sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kecanduan, merusak tubuh, dan bahkan bisa menyebabkan kematian.

Tapi apa narkoba itu sebenarnya dan apa saja jenis narkoba yang ada dan pengaruhnya pada tubuh. Ada narkoba “jalanan” yang ilegal dan ada juga narkoba medis yang legal yang disalahgunakan. Saat ini penyalahgunaan obat-obat beresep di dunia lebih banyak daripada narkoba jalanan.

Kami telah melakukan survei pada sejumlah kaum muda dan dari hasilnya sangat jelas bahwa pengguna narkoba belum tentu tahu tentang narkoba yang mereka pakai. Menggunakan narkoba bukan berarti paham tentang narkoba dan efek jangka pendek dan jangka panjangnya. Pada kenyataannya menggunakan narkoba bisa berarti banyak menerima informasi salah yang disebarkan oleh teman, TV, film dan internet.

Kenyataan ini berlaku untuk narkoba jalanan (ilegal) maupun narkoba ”legal” yang sering kali membuat lebih kecanduan dan malah lebih sulit untuk dilepaskan cengkeramannya.

Orang dari semua kelompok usia menggunakan narkoba tanpa benar-benar mengetahui apa akibatnya pada diri mereka. Apa yang kamu ketahui tentang ganja dan ekstasi, misalnya?

Ada orang yang terus-menerus memperoleh keuntungan dari ketidaktahuan masyarakat tentang narkoba. Pada akhirnya pengedar narkobalah yang menuai untung dan mengantongi banyak uang. Kalau orang tahu tentang narkoba dan efeknya, mereka bisa mengambil keputusan yang bijak tentang kesehatan fisik dan mental mereka. Orang-orang yang tidak berpengetahuan dalam bidang ini langsung saja percaya dan termakan rayuan pengedar narkoba.

Jadi inilah tujuan dari situs ini. Untuk memberikan fakta yang benar tentang narkoba - apa efeknya, terbuat dari apa, apa efek jangka pendek dan panjangnya.

Sesudah itu kamu bisa mengambil keputusan berdasarkan informasi yang bijak demi keselamatan dan kesehatanmu sendiri. Apakah menggunakan narkoba itu sepadan dengan resikonya? Apakah menyobai narkoba sekali saja aman? Bagaimana sebenarnya proses kecanduan itu? Apakah ada cara lain untuk bersenang-senang, menyelesaikan masalah, menutupi rasa sakit.

Kamu bisa menimbang sendiri dan mengambil keputusan berdasarkan fakta-fakta, bukan berdasarkan gembar-gembor pengedar atau perusahaan obat yang hanya mengincar uangmu.

Dengan mengetahui tentang narkoba, kamu juga bisa merubah nasib temanmu dan membantu mereka agar “melek” dan bisa mengambil keputusan secara lugas tentang gaya hidup mereka.

Banyak orang yang sudah membaca buklet informasi narkoba kami yang mengakui bahwa mereka sebelumnya tidak tahu bahwa narkoba yang mereka konsumsi bisa menyebabkan hal-hal mengerikan seperti itu. Mantan-mantan pengguna narkoba mengatakan: “Kalo aja dulu aku tahu soal ini, aku ngga bakalan pernah nyobain ganja, atau makan pil”, “Seandainya dulu ada yang ngasi tau gue fakta tentang narkoba sebelum gue mulai pake”, “Temenku bilang ga papa dan aku percaya mereka, tapi ternyata mereka salah”.

Apa yang kamu dan temanmu tidak ketahui tentang narkoba bisa membunuh kalian. Ini fakta. Berita-berita utama di media adalah buktinya. Bangsal rumah sakit yang dipenuhi remaja yang menderita kelainan mental karena narkoba adalah buktinya. Media dipenuhi oleh akibat penggunaan narkoba. Coba lihat berita utama mana saja — kematian karena mengemudi-saat-mabuk, kekerasan di rumah atau di halaman sekolah, penembakan di sekolah, penyerangan, perampokan, dll.. Kemungkinan besar narkoba berperan serta sebagai faktor penyebabnya.

Kami tidak mau menceramahi atau mengkritik karena kami tahu itu tidak ada gunanya, tapi kami ingin agar kamu memikirkannya sendiri dan memiliki pengetahuan yang cukup, berbahagia dan sehat. Kami tahu alasan mengapa orang mulai menggunakan narkoba dan kami juga memiliki jaringan untuk membantu mereka yang sudah terjerat masalah narkoba dan alkohol. Bacalah buklet dan tonton iklan layanan masyarakat kami. Kami sangat mengharapkan masukan dan pendapatmu. Bagilah ceritamu dengan kami.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More